Rabu, 01 Agustus 2007

Kesaktian Pancasila

Dua bulan lagi kita akan bertemu dengan tanggal 1 Oktober. Ya betul. Hari kesaktian Pancasila. Hari diwaktu pancasila berhasil dipertahankan dari Ancaman ideologi komunis. Mulai saat itu orang mulai mengatakan bahwa Pancasila itu sakti dan diperingatilah tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila memang berhasil dipertahankan sebagai ideologi bangsa dari ancaman ideologi komunis. Pertanyaan yang muncul, apakah cukup hanya dengan itu Pancasila dikatakan sakti? perlu kita ingat bahwa hingga detik ini Pancasila belum membawa bangsa ini menuju bangsa yang maju dan bermoral.
Menurut saya, Pancasila baru dikatakan sakti apabila tidak hanya dapat hidup dan bertahan tapi juga dapat mengubah manusia Indonesia sebagai manusia yang maju dan bermoral.

Hari kesaktian Pancasila tidak membutuhkan perayaan dengan pesta dan lomba. Lucu. Hendaknya nanti pada hari kesaktian pancasila kita meramaikannya dengan kajian tentang Pancasila itu sendiri. Apakah Pancasila itu sakti? bagaimana agar Pancasila tampak kesaktiannya? apakah perlu revisi? atau memang pancasila tidak sakti? atau malah perlu diganti?

Indonesia lahir bukan untuk keberlangsungan hidup sebuah Ideologi tapi Keberlangsungan hidup bangsanya.

Tidak ada komentar: